Mau tukar Link Di Web ini? Kerjasama?
Mudah dan Gratis, Caranya : Click Disini
Atau  Hubungi Email : mantenyogya@gmail.com
Chat dg Kami :

 
 

.

Pernikahan Berbeda Agama

Cinta memang buta, akan tetapi benarkah butanya cinta mampu mengalahkan segalanya, termasuk menghilangkan sekat agama?

Banyak contoh pasangan selebritis yang sukses dengan pernikahan mereka meskipun keduanya berbeda keyakinan. Akan tetapi, beberapa dari mereka secara jujur mengakui bahwa meskipun pernikahan bahagia, ada hal yang kurang lengkap dalam kehidupan mereka, yaitu beribadah bersama. Bagaimana pandangan agama sendiri tentang pernikahan beda agama? Mari kita lihat satu persatu.
1. Agama Islam memandang pernikahan beda agama sebagai sesuatu yang terlarang dan tidak diperkenankan. Secara tegas, kitab suci Al-Quran menerangkan pelarangan pernikahan antara orang Islam dengan orang non muslim dalam banyak suratnya. Bagi kalangan umat Islam, pernikahan beda agama pada hakekatnya adalah tidak sah hingga pasangan yang melakukannya sama artinya tidak menikah. Ketika mereka hidup bersama, maka dalam kacamata agamaIslam, perbuatan mereka tergolong dalam zina dan berdosa. Dalam kacamata agama Islam, nikah beda agama sangat terlarang.

2. Sedikit berbeda dengan agama Islam, agama Kristen Katholik menganggap pernikahan antara dua pasangan berbeda agama sebagai pernikahan yang sah akan tetapi tidak bisa diberkati dengan sakramen pernikahan seperti pernikahan pasangan Katholik. Pernikahan beda keyakinan dalam Katholik bisa dilakukan dengan penganut agama lain (Islam, Protestan dan yang lainnya) dengan pemberkatan biasa. Penganut agama Kristen Protestan juga memiliki pandangan yang kurang lebih sama. Penganut Protestan diharapkan menikah juga dengan orang yang menganut agama Kristen Protestan. Meskipun demikian, apabila terpaksa ada pernikahan dua agama, maka akan diberlakukan aturan khusus yaitu dengan pengggembalaan yang berbeda dengan pernikahan Protestan biasa. Pernikahan tersebut juga tidak bisa diberkati oleh gereja. Pernikahan dengan agama selain Protestan harus dilaksanakan di kapel dengan prosesi penggembalaan khusus.

3. Bagaimana dengan aturan nikah beda agama dalam agama Hindu? Pada garis besarnya, agama Hindu juga tidak memperbolehkan perkawinan beda agama. Bahkan, dalam agama Hindu, sebuah perkawinan bisa dibatalkan apabila dianggap ada syarat yang tidak sah. Salah satu syarat tidak sahnya sebuah pernikahan adalah kedua mempelai tidak memeluk agama yang sama. Intinya, kedua mempelai bisa menikah sah secara agama apabila keduanya resmi memeluk agama Hindu. Tidak ada tawar menawar dalam persyaratan ini.


4. Satu-satunya agama di Indonesia yang memperbolehkan kawin beda agama adalah agama Budha, tanpa perlakuan khusus. Menurut keputusan Sangha Agung Indonesia, pernikahah berbeda keyakinan seperti ini diperbolehkan sepanjang pengesahan pernikahan dilakukan dengan tata cara agama Budha. Meskipun mempelai yang tidak memeluk Budha tidak diwajibkan masuk Budha terlebih dahulu, upacara pernikahan tetap menggunakan adat Budha, termasuk pengucapan nama-nama dewa umat Budha. Perkawinan tersebut dapat dilaksanakan sepanjang calon mempelai yang tidak memeluk Budha tidak berkeberatan dengan syarat tersebut. Secara lisan, mempelai tersebut dianggap telah memeluk Budha ketika mengucapkan “atas nama sang Budha” dalam prosesi pernikahan tersebut.

Kini keputusan tergantung di tangan anda :)

.

.

https://lh4.googleusercontent.com/-GNhai2tXNdk/USMHOiBigdI/AAAAAAAACvE/zK0YvAEQgIk/s498/wo.laris.gif

 

DI Desain Oleh :rastameridian.com Counter Powered by  RedCounter