Mau tukar Link Di Web ini? Kerjasama?
Mudah dan Gratis, Caranya : Click Disini
Atau  Hubungi Email : mantenyogya@gmail.com
Chat dg Kami :

 
 

.

Tempat pesta pernikahan sebaiknya di gedung atau di rumah ?

Merencanakan pesta pesta pernikahan adalah salah satu hal yang membahagiakan bagi pasangan calon pengantin. Namun tak dapat dipungkiri, hal tersebut juga dapat menimbulkan kerumitan tersendiri. Anda berusaha merinci semua kebutuhan serta siapa saja yang terlibat, kesemuanya tertulis dalam suatu “proposal”. Anda mulai banyak bertanya sana-sini, rajin mendatangi pameran pernikahan, sering menggali info dari buku, majalah, ataupun internet, demi mendapat detail yang diinginkan.



Tempat pesta pernikahan di gedung? atau di rumah?
Ketahuilah lebih dulu anggaran pesta pernikahan yang anda miliki, dan berapa jumlah tamu yang diundang. Khusus untuk para tamu, seleksilah mereka. Pastikan tamu yang diundang adalah mereka yang memiliki hubungan erat dengan anda, pasangan, maupun keluarga anda berdua. Setelah mengetahui jumlah tamu yang akan diundang, anda sudah bisa mendapat gambaran, dimana kira-kira tempat menggelar pesta yang dipilih, sesuai dengan detail yang anda mau. Ada kalanya, dengan alasan-alasan tetentu, anda dan pasangan ingin mengadakan pesta di rumah saja (rumah salah satu pihak pengantin). Meskipun tidak dilarang, anda perlu mempertimbangkan hal-hal di bawah ini :

Pastikan jumlah tamu yang hadir sesuai dengan kapasitas ruangan yang dipakai.
Perhitungkan “arus lalu lintas “ tamu yang akan datang pada pesta anda. Perhitungan ini bisa dimulai dari tempat parkir kendaraan yang memadai, masuknya para undangan di pintu utama (pastikan tidak berjubel), dilanjutkan menuju ruang pelaminan untuk bertemu sang pengantin, tempat para undangan menikmati jamuan makan hingga akhirnya tibalah saat mereka pulang. Jangan sampai terjadi “bentrokan arus” antara tamu yang datang dengan tamu yang akan pulang.

Selain para tamu, pastikan juga kenyamanan pihak-pihak lain yang mendukung pesta anda seperti misalnya tenaga fotografer, video shooting, dan catering. Mereka semua perlu ruang gerak yang cukup agar dapat menjalankan tugas sebaik-baiknya. Fotografer dan pihak video shooting perlu mengambil “angle” yang pas agar tidak ada moment-moment indah yang terlewatkan. Begitu juga dengan tenaga catering yang harus sigap mengganti menu yang habis, agar para tamu yang hadir secara beruntun dapat enjoy menikmati menu. Siapkan tempat dimana para tenaga catering ini menyiapkan aneka hidangan yang jumlahnya beragam dalam porsi besar pula, serta sediakan tempat dimana mereka bisa mencuci piring dengan leluasa.

Pastikan sudah mendapat izin keramaian dari pihak-pihak terkait (RT/RW). Jangan lupa pula minta izin kepada para tetangga terdekat, karena mungkin dengan adanya pesta anda, akan mengganggu mobilitas mereka untuk sementara waktu.

Siapkan pengadaan tenaga security yang dapat dipercaya.
Perhatikan sirkulasi udara dalam rumah. Bukannya tak mungkin karena banyaknya orang yang datang, akan membuat sirkulasi udara sangat panas hingga terasa pengap. Anda mungkin perlu penambahan AC ataupun kipas angin besar.

Perhitungkan penambahan unsur “lighting” agar suasana rumah tampak beda dibandingkan hari-hari biasa. Kemungkinan juga akan menambah daya listrik.

Jika rumah bukan pilihan anda sebagai tempat hajatan pesta, pilihan lain bisa berupa gedung atau hotel. Sama halnya seperti pesta di rumah, pesta di gedung atau hotel juga perlu memperhitungkan jumlah tamu yang hadir agar tampak sesuai dengan kapasitas ruangan. Jika dengan alasan-alasan tetentu gedung atau hotel yang digunakan bukan tempat yang familiar digunakan untuk pesta pernikahan, jangan lupa sertakan “denah lokasi” sejelas-jelasnya dalam undangan anda. Bagi yang ingin mengadakan pesta di hotel, biasanya pihak hotel mempunyai “paket umum” seperti : sewa tempat – catering – compliment menginap (bagi pasangan pengantin) sekaligus. Catering yang akan disediakan tentu saja merupakan hasil olahan chef hotel yang bersangkutan. Dengan demikian, pastikan hotel yang dipilih memang istimewa, baik dari segi tempat maupun jasa catering yang ditawarkan. Jangan ragu untuk meminta “test food” agar anda tak ragu mengenai kwalitas cita rasa makanan yang akan dihidangkan. Bersikaplah pro-aktif kepada pihak marketing hotel agar anda tidak kecewa. Survey ruang pesta, mencicipi makanan, serta, touring ke kamar hotel adalah yang patut anda lakukan bersama pasangan.

Jika kita sudah membicarakan tempat, kini saatnya untuk membicarakan tema pesta. Tema pesta secara sederhana dibagi menjadi dua bagian, indoor dan outdoor. Tema yang terakhir mulai banyak diminati, karena memberi nuansa yang berbeda. Jika pesta outdoor adalah pilihan anda, tips-tips di bawah ini mungkin berguna untuk anda:

Ceritakan sedikit dalam undangan anda, bahwa pesta yang diadakan akan bernuansa outdoor. Beri sedikit “attention note” kepada para hadirin perempuan agar jangan menggunakan sepatu berhak tinggi/hak runcing, agar dapat menikmati suasana pesta dengan sangat nyaman.

Untuk pesta outdoor, pertimbangkan untuk menggunakan jasa “pawang hujan”, walaupun pesta anda tidak diadakan saat musim hujan tiba. Anda tak ingin tamu anda yang sudah tampil elegan, rapi, dan wangi itu basah kuyup bukan ?

Usahakan mencari tempat pesta outdoor, dimana tempat parkir tidak terlalu jauh dari tempat penyelenggaraan pesta.

Dengan “space” yang terasa lebih besar daripada pesta indoor, ingatkan kepada fotografer dan pihak video shooting agar dapat mengambil moment dan situasi tempat secara detail , karena akan banyak sekali hal-hal yang bisa dieksplorasi.

Karena ini adalah pesta outdoor, dimana kesan yang didapat sangat kekeluargaan, anda dan pasangan dapat berbaur dengan para tamu, untuk saling berbincang dan menyampaikan ucapan terima kasih.

Akhirnya…selamat merancang pesta pernikahan, yang penuh kesan dan tak akan terlupakan seumur hidup anda. :)

sumber artikel : weddingku.com - dipaparkan kembali oleh mantenyogya.com

.

.

https://lh4.googleusercontent.com/-GNhai2tXNdk/USMHOiBigdI/AAAAAAAACvE/zK0YvAEQgIk/s498/wo.laris.gif

 

DI Desain Oleh :rastameridian.com Counter Powered by  RedCounter