Selasa, 21 Januari 2020

Menikah di gedung atau di rumah? Murah mana?

Menikah di gedung atau di rumah?
Bingung Mau Menikah di Gedung atau Rumah? Cek Ini Dulu, Yuk!

Perihal Biaya

Mau menikah di gedung atau rumah, keduanya tentu memerlukan biaya. Nah, bila berbicara tentang biaya, tentu kalau Anda mengincar biaya yang lebih murah, rumah adalah pilihannya.

Anda tak perlu mengeluarkan uang berjuta-juta dibandingkan menikah di gedung.

Tetapi tentu saja, Anda akan dihadapi dengan kerepotan lain seperti menyewa kursi, tenda.

Bila Anda memiliki halaman rumah luas, tak terlalu menjadi masalah. Namun, jika Anda memiliki halaman sempit, hal ini bisa jadi masalah.

Belum lagi, Anda juga harus repot untuk beres-beres rumah setelah acara selesai.

Selain itu, potensi untuk merasakan lelah yang luar biasa juga besar, karena biasanya waktunya bisa seharian karena tamu yang datang tidak menentu.

Lain halnya jika di gedung, walaupun mengeluarkan dana yang agak besar tetapi tentu saja lebih praktis dan Anda tidak akan terlalu lelah karena semuanya sudah di atur oleh event organizer yang Anda sewa.

Waktu Resepsi
Pertimbangan lainnya jika Anda bingung untuk memilih mau menikah di gedung atau rumah, cobalah untuk melihat dari waktu resepsinya.

Jika Anda menginginkan waktu yang bebas, lama dan panjang tentu saja melakukan pernikahan di rumah, bisa menjadi pilihan. Biasanya waktu melakukan resepsi di rumah adalah seharian.

Tetapi, Anda harus pastikan untuk menyiapkan konsumsi yang lebih, karena ada kemungkinan Anda tak bisa mengontrol tamu yang datang. Bisa saja, target konsumsi hanya 800 pax, ternyata Anda harus menambah 200 pax lagi karena tamu terus berdatangan.

Jika Anda memilih di gedung, tentu saja waktunya sangat terbatas. Biasanya, Anda hanya akan diberikan waktu untuk melangsungkan acara selama 2-3 jam. Selain itu, saat belum acara selesai, para petugas juga sudah terlihat untuk mulai beres-beres tempat karena venue akan digunakan lagi setelahnya.

Lahan untuk Parkir Tamu
nikah-menikah-undangan-tamu - menikah di gedung atau rumah

Saat menikah tentunya akan ada banyak tamu berdatangan, walapun terdengarnya sepele tetapi lahan parkir untuk para tamu ini sangat esensial, lho.

Nah, hal ini harus benar-benar menjadi pertimbangan Anda saat akan memilih mau menikah di gedung atau rumah. Tentu saja, Anda tidak ingin kan, kalau tamu Anda menggerutu karena jauhnya lahan parkir dengan lokasi resepsi.

Belum lagi, lokasi parkir yang sempit bisa saja membuat kemacetan. Tak hanya tamu yang merasakan kerepotan, tapi orang lain juga. Maka dari itu, hal ini haruslah dihindari.

Nah, biasanya kalau Anda menikah di rumah, lahan parkir yang tersedia pastinya akan sangat terbatas, maka dari itu mungkin Anda bisa menyewa lahan kosong di dekat rumah. Lain lagi jika Anda memilih untuk menikah di gedung, lahan parkir tentu cenderung lebih praktis, luas dan juga privasinya terjaga.

Cuaca Saat Hari H
Pertimbangan berikut ini juga sangat penting untuk Anda pikirkan sebelum memutuskan mau menikah di gedung atau rumah.

Tentu saja, jika Anda menikah di gedung, perihal cuaca tak begitu membuat khawatir. Anda dan para tamu, tidak akan kepanasan saat cuaca terik, dan juga tak akan kehujanan saat sedang musim penghujan.

Nah, tetapi jika Anda memutuskan untuk mengadakan pernikahan di rumah, pastikan untuk memilih waktu bukan saat sedang musim hujan.

Tentu, Anda tidak mau bukan, lokasi menjadi lembab, basah, bahkan kalau rumah Anda terletak di lokasi rawan banjir, bukan tidak mungkin Anda bisa kebanjiran.

Maka dari itu, pilihlah waktu yang tepat yaitu saat musim sedang tidak hujan.

Nah, bagaimana, setelah melihat pertimbangan di atas, sudah menentukan mau menikah di gedung atau rumah? Sebenarnya, mau apapun pilihan Anda, kuncinya hanya satu yaitu dana yang cukup. kalau bahasa jawanya "opo-opo kari duite?" .  

[sumber : koinworks.com]
Previous Post
Next Post