Senin, 20 Januari 2020

Plus minus jika melaksanakan akad nikah di hari yang beda

 jika akad nikah dilaksanakan di hari berbeda
Acara paling sakral dalam prosesi pernikahan adalah berlangsungnya akad nikah. Ada yang memilih menggelar akad nikah di hari yang sama, ada yang memilih akad nikah di hari berbeda.

Pemilihan tanggal akad nikah jadi pertimbangan apakah akad nikah akan dilangsungkan bersamaan dengan resepsi atau tidak. Nyatanya, ada hal positif dan negatif atas kedua hal tersebut.

Untuk kamu yang sedang mempertimbangkan akan mengadakan akad nikah di hari yang sama atau berbeda, mari cek untung ruginya!

1. Akad nikah dan resepsi di hari yang sama, bisa lebih hemat biaya
Saat melangsungkan akad nikah dan resepsi di hari yang sama, otomatis semua dibayar untuk satu kali kegiatan saja. Karena banyak vendor yang menawarkan paket akad nikah dan resepsi dengan harga yang lebih hemat.

Biaya sewa fotografer, videografer, makeup artist, dan lainnya cukup terhitung satu kali saja.

Begitu juga untuk biaya sewa pakaian pernikahan. Bisa disewa sekaligus di hari yang sama. Sehingga tidak ada cost atau biaya antar jemput baju pengantin jika melakukannya di hari yang sama.

2. Repotnya cukup satu kali saja
Masih membicarakan tentang akad nikah dan resepsi di hari yang sama, kesibukan yang dirasakan hanya akan sekali saja. Begitu juga dengan tenaga bantuan, mereka akan sibuk di satu hari yang sama.

Meski repot, namun kemungkinan tenaga bantuan akan lebih maksimal bekerja untuk mengadakan akad nikah dan resepsi. Karena pada akhirnya, mereka akan merasa puas telah bekerja dengan maksimal.

3. Tidak khawatir terlalu lama
Meski telah melaksanakan akad nikah, selama resepsi belum selesai maka perasaan khawatir dan deg-degan akan selalu ada. Sedangkan jika mengadakan akad nikah dan resepsi di waktu yang sama, maka takkan merasakan hal tersebut.

4. Minusnya, menguras tenaga
Saat menggelar akad nikah bersamaan dengan hari resepsi, maka siap-siap tenaga akan terkuras. Baik tenaga pengantin, keluarga, maupun semua yang membantu.

Sudah pasti persiapan dilakukan beberapa jam sebelum akad nikah. Jeda antar akad nikah dengan resepsi jadi waktu paling repot bagi panitia dan pengantin beserta keluarga.

Begitu juga setelah selesai acara, masih ada hal yang harus dibereskan. Jika memilih melangsungkan di hari yang sama, ingatkan semua pihak terkait untuk menyiapkan stamina dengan maksimal.

5. Poin plus akad nikah di hari berbeda, lebih santai dan fleksibel
Jika mengadakan akad nikah di hari berbeda dengan resepsi, maka kamu bisa merasa lebih santai. Karena hanya fokus pada satu acara di satu hari.

Setelah melewati akad nikah, setidaknya ada satu acara sakral yang sudah berjalan dengan lancar. Sehingga persiapan menuju resepsi bisa lebih tenang dan matang.

6. Venue bisa lebih banyak pilihan
Menggunakan venue atau tempat untuk akad nikah saja cenderung lebih mudah ditemukan dibanding memesannya untuk seharian. Durasi yang lebih pendek memungkinkan kamu diselipkan dalam rentetan pesanan pada hari tersebut.

Dengan begitu, kamu bisa lebih leluasa memilih venue favorit untuk melangsungkan akad nikah.

7. Tapi poin minusnya, biaya lebih banyak dan waktu tersita banyak
Saat memilih menggelar akad nikah dan resepsi di hari berbeda, berarti kamu harus siap mengeluarkan biaya lebih banyak dibanding mengadakannya di hari yang sama.

Biaya sewa aneka vendor jadi dua kali, biaya perjalanan pun dua kali. Sewa tempat pun jadi tidak bisa paket karena dilangsungkan dalam waktu berbeda.

Selain itu, waktu juga jadi pertimbangan lainnya. Ada beberapa tamu yang hanya bisa di waktu akad nikah, sementara tamu lainnya hanya bisa di resepsi.

Terpecahnya tamu bisa membingungkan persiapan makanan dan venue akad nikah maupun resepsi. Sehingga ini harus disiapkan dengan matang.

Itulah poin plus dan minus menggelar akad nikah dan resepsi di hari yang sama atau berbeda. Ketahui dengan baik semuanya dan kamu pun bisa menentukan yang terbaik untuk acaramu. Semoga lancar, ya!

[sumber: seputarpernikahan.com]
Previous Post
Next Post