Selasa, 21 Januari 2020

Saat pernikahan, pilih masak sendiri atau katering?

pilih masak sendiri atau katering?
Saat Anda akan mengadakan pesta pernikahan, persiapan yang tidak boleh terlewat adalah soal hidangan makanan bagi para tamu.

Pada saat persiapan tersebut, pasti Anda akan dihadapkan pada dua pilihan, memasak sendiri atau menggunakan jasa katering? Kedua pilihan ini tentu saja memiliki kekurangan dan kelebihan.

Sebelum memutuskannya, lebih baik simak dulu yuk penjabarannya di bawah!

Masak Sendiri
Pilihan ini pada dasarnya susah-susah gampang, karena saat Anda memutuskan masak sendiri, tandanya Anda harus mencari tenaga memasak yang dan bahan makanan sendiri untuk menyajikan santapan yang cukup untuk tamu Anda.

Jika Anda memilih masak sendiri, Anda harus mempunyai waktu yang cukup luang. Sebab, Anda perlu memerhatikan semua aspeknya, mulai dari pilihan menu, bahan makanan yang akan dibeli, dan mencicipi semuanya.

Kegiatan di atas tentu sangat menguras pikiran dan tenaga, jadi pastikan bahwa Anda memang memiliki banyak waktu luang.

Selain itu, Anda juga tidak bisa meminta pertanggung jawaban ketika makanan yang nantinya dihidangkan tidak sesuai ekspektasi. Jadi, Anda harus siap memikul tanggung jawab penuh jika terjadi sesuatu pada makanan Anda.

Begitu pula dengan biayanya, memang untuk pembelian bahan makanan bisa jadi lebih murah dari pada membeli jadi di katering, tapi Anda harus menyiapkan biaya penunjang lainnya seperti biaya peralatan masak, biaya perlengkapan, dan sebagainya.

Dan yang terakhir, Anda harus mempertimbangkan juga jumlah bahan makanan atau makanan jadi yang harus Anda berikan kepada saudara atau tetangga yang sudah membantu Anda memasak sebagai ucapan terima kasih karena sudah membantu, dan ini dapat membuat bengkak anggaran Anda.

Pakai Jasa Katering
Siapa sih yang tidak tahu katering? Semua orang tentu pernah mendengar dan mengerti bagaimana suatu servis dari jasa katering. Dari segi efisiensi, katering adalah pilihan nomor satu.

Karena kita tidak perlu lagi pusing memikirkan urusan A sampai Z tentang apa dan bagaimana bentuk serta jenis sajian makanan Anda nantinya. Anda hanya perlu memilih katering dan melakukan test food sebelum sepakat.

Tidak seperti masak sendiri, Anda tidak perlu bertanggung jawab terhadap apa yang terjadi pada makanan Anda jika makanan tersebut tidak sesuai ekspektasi atau ada masalah.

Lalu, hal yang paling penting adalah hidangan yang disajikan oleh pihak katering punya kemungkinan memiliki rasa yang lebih bisa diterima oleh banyak orang karena katering memiliki pengalaman dalam menyediakan berbagai masakan dalam acara-acara yang sudah ditangani sebelumnya.

Berbeda dengan memasak sendiri, Anda  tidak perlu memikirkan untuk membalas jasa karena sifatnya adalah berbisnis, bukan asas kekeluargaan dengan bantuan relasi atau tetangga.
Kesimpulannya Adalah…

Jika Anda adalah seorang pribadi yang sibuk dan memiliki dana yang cukup banyak, maka memakai jasa katering adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Sebaliknya, jika Anda ingin berhemat dan memiliki banyak waktu luang, memakai jasa katering jauh lebih cocok untuk Anda.

Tapi, apapun pilihannya, jangan sampai dana yang Anda miliki dihabiskan semuanya hanya demi menyajikan makanan terbaik. Anda harus bijaksana juga dalam memutuskan segala sesuatunya, apalagi jika urusannya berujung pada budget.

[sumber : koinworks.com]
Previous Post
Next Post